Featured Post

Syirik Yang Sedang Viral

Syirik Yang Sedang Viral   Tahukan kamu sekarang ada trend yang beredar di media sosial yang tanpa sadar merupakan syirik. Trend ini beru...

Saturday, October 2, 2021

Apapun Masalahmu Bersujudlah

Siapa sih di dunia ini yang

nggak punya masalah atau

ujian dalam  hidup?? Tentunya

setiap orang punya masalah

masing-masing ya kan, Aku

pun begitu… terus kita harus

frustasi atau mungkin stress

dengan masalah yang kita alami ?

atau mau bangkit dari realita ??

      Setiap yang diberi hidup, yang bernafas dengan gratis, tanpa membayar sepeserpun, di dunia ini pasti akan mendapatkan bagiannya dalam hal ujian. Kata ujian dalam Bahasa arab (Balaa’an) yang artinya ujian, yang berasal dari kata (balaa) yang artinya menguji. Menurut istilah ujian adalah ujian yang diberikan oleh Allah SWT yang terjadi dalam kehidupan manusia untuk menguji atau mengetahui kualitas manusia itu sendiri. Apapun ujian yang kamu hadapi baik itu masalah pribadi, problem keluarga, perjuangan untuk menegakkan agama Allah, semua itu membutuhkan kesabaran dan keikhlasan. Allah berfirman dalam surah Al anbiya (35):

 كُلُّ نَفۡسٖ ذَآئِقَةُ ٱلۡمَوۡتِۗ وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَيۡرِ فِتۡنَةٗۖ وَإِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ ٣٥

Maknanya “setiap yang bernyawa akan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan di kembalikan hanya kepada Kami. (Q.S Al Anbiya: 35)

Berbagai cobaan yang Allah berikan kepada manusia tentunya bertujuan untuk mengetahui hamba-hambaNya yang pandai bersyukur dan siapa yang kufur nikmat, yang bisa bersabar atau justru menyikapinya dengan putus asa.

Man in prostration

            Ibarat mau menjadi buah matang dan enak, saat kamu beranjak dewasa kamu memang harus di limpahkan banyak masalah, agar kaya dengan pengalaman dan dari pengalaman kamu bisa belajar menjadi orang yang bijaksana tapi, seringkali pada saat ditimpa ujian atau masalah, kamu ingin menyerah, bingung, mengeluh. Persoalan hidup yang sudah rumit bagai jalan yang tak beraturan, orang cenderung mengeluh dan berkecil hati, seakan hidup ini tak adil, orang menjadi beranggapan negative kepada Sang Pencipta.

            Mereka sering mengeluh dengan ujian hidup. Mengapa kesusahan selalu menimpaku? kapan hidup bahagia tanpa masalah? hidup itu tidak lepas dari masalah, setiap insan memiliki tantangan masing-masing karena setiap orang memiliki tinglat kesabaran, toleransi dan keimanan yang berbeda-beda.“Tiada seorang muslim tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali Allah mencatat baginya kebaikan dan menghapus darinya dosa besar (HR Bukhori). Dan barang siapa dikehendaki Allah kebaikan baginya, maka dia diuji (dicoba) dengan suatu musibah (HR Bukhori).

            Jika Allah membawamu dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya ketika Allah menempatkanmu melalui sebuah ujian, berbahagialah dan bersyukurlah bahwa Alah telah memilih kamu menjalani ujian tersebut. Itu adalah hukum alam ketika seseorang melalui masa-masa sulit, mereka akan keluar dari ujian itu menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat. InsyaAllah.

            Tidak ada kata terlambat untuk berubah, diawali dengan diri kita sendiri, lingkungan. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu, hidupmu tidak ditentukan oleh orang lain, melainkan dirimu sendiri. Waktu kita hanya untuk mengejar impian duniawi semata, mengejar kesenangan sesaat, dunia ini sementara akhiratlah selamanya, sampai-sampai kita lupa meluangkan waktu untuk Allah. Padahal kita yang butuh Allah, Allah itu nggak butuh kita.

            Bersyukurlah, karena dengan bersujud kita lebih dekat dengan Allah. Semua masalah, ujian atau cobaan semua itu renacana-Nya, Allah juga yang bisa menyelesaikan masalahmu, seberat, sesulit apapun itu, mungkin diselesaikan melalui perantara manusia, orang lain disekitar kita. Kita sebagai hamba yang penuh dengan segudang kekurangan, kelemahan tidak pantas untuk berfikir negatif kepada Allah yang Maha Sempurna. Kita hanya bisa berusaha, dan berdoa karena memang “nasib suatu kaum tidak akan berubah selama kaum itu tidak mau merubahnya.”

            Bersujudlah di hadapan Allah siang dan malam, manfaatkan waktu-waktu yang mustajab untuk meminta kepada Allah agar diberi kemudahan dalam menjalankan kehidupan. Kalau kita terus menerus mengeluh, tidak ada gunanya masalahmu tidak akan selesai dengan sendirinya. Kita bisa mencurahkan isi hati kita, beban pikiran masalah kita kepada orang atau sahabat yang kamu percaya, untuk mendapatkan solusi atau jalan keluar dari masalahmu, mungkin itu bisa membantu menyelesaikan beban masalah hidupmu.

            Jadi, jika pundakmu terasa begitu berat dengan beban atau  masalah hidupmu, pikiranmu meledak dengan semua masalah di otakmu, tubuhmu lemah tak berdaya dengan capekmu, apa kita harus frustasi, “tidak” kita tidak harus frustasi atau stres kita harus bangkit, jangan pernah menyerah hanya karena masalah, Allah punya rencana yag terbaik untukmu. Dengan bersujud mungkin itu tidak menghapus bebanmu, tapi ia mengokohkan pundakmu, sebab Allah akan mendekapmu dengan kasih sayang dan kamu akan tetap berada di setiap lindungan-Nya.

No comments:

Post a Comment